Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH PROPOSAL PEMILIHAN PRESIDEN BEM KAMPUS

PROPOSAL KEGIATAN
PESTA DEMOKRASI KAMPUS
REORGANISASI BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2012-2013
“Karakter Building sebagai Landasan kepemimpinan di Era Globalisasi”

A. ABSTRAKSI
Mahasiswa adalah wajah masa depan bangsa, yang seerti kita ketahui, aktifitas dan tingkah laku mahasiswa menjadi ciri khas dan watak bangsa di masa depan, dimulai dari kebersamaan dan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri maka diharapkan akan menjadi bangunan karakter yang nantinya harus mempertanggungjawabkan kapasitas intelektualnya. Dalam hal ini organisasi adalah hal yang sementara waktu masih dianggap sebagai sarana paling tepat dan efisien yang digunakan oleh mahasiswa sebagai wahana mengeksplorasi diri, belajar dan berproses guna menemukan satu bentuk karakter diri dan pengembangan nalar kedewasan, juga melatih rasa tangung jawab serta sifat tenang dalam menghadapi perbagai masalah dan melatih diri menjadi pribadi yang bijak, jujur, dan adil.
 Bangunan mental adalah bangunan pribadi manusia, bangunan mental yang baik dan kuat dengan mendasarkan pada azas perikemanusiaan serta perikehidupan dalam keseimbangan yang mengikutsertakan partisipasi seluruh elemen kehidupan kolektif adalah salah satu elemen fital kehidupan kolektif. Banguna mental atau karakter yang kokoh inilah yang menjadi titik tekan tujuan keberadaan organisasi yang diharapkan nantinya mampu memberi kontribusi dalam pembangunan masyarakat secara luas dalam terbangunnya kesadaran berbangsa dan bernegara dengan mempertimbangkan pada seluruh aspek kependidikan yang tercakup dalam tridarma perguruan tinggi, intelektualitas, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.
Organisasi kampus, sebagai salah satu sarana pembangunan karakter dan mental mahasiswa pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi mahasiswa yang diarahkan untuk mewujudkan karakter-karakter pribadi dengan kapasitas intelektual yang mempunyai nilai dan prilaku yang mendukung dan sesuai dengan tujuan awal mahasiswa dengan sifat idealnya.
Selanjutnya agar  organisasi tersebut dapat dilaksanakan dengan kesiapan maka dibutuhkanlah tenaga pembangunan (fail pembangunan yang aktif dan produktif serta proporsional). Guna mencapai tujuan tersebut maka sistem pendidikan harus diarahkan tidak hanya arah menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Tetapi dibersamakan dengan mental spiritual dan emosianal yang dilandasi dengan iman dan taqwa. Baik secara kualitas maupun kuantitas.
Sebagai bentuk laboratorium dan sarana latihan mahasiswa juga sebagai bentuk pembelajaran mahasiswa akan arti kejujuran, keadilan dan seluk beluk nilai-nilai kehidupan serta diharapkan mampu menerima pandangan ataupun pendapat orang lain lewat jalur musyawarah agar menemukan keputusan dan hasil yang baik untuk kepentingan bersama maka dalam menghadapi masyarakat civil society yang selalu penuh pergulatan dan seluruh dinamika kehidupan perlulah dilibatkan dalm konteks penentu pengambilan keputusan yang berdasarkan aspek kebersamaan. Dalam konteks inilah salah satu elemen yang dibutuhkan mahasiswa untuk berproses adalah organisasi.
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, secara konteks sosiologis sampai tahun 2012 ini telah mengalami 10 kali masa pergantian estafet kepengurusan. Berdasarkan yang tersurat dalam Surat Keputusan Rektor UNSIQ, maka pada bulan Juni tahun 2012 harus melakukan reorganisasi kepengurusan. Proses reorganisasi kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa ini dilakukan dalam bentuk sistematisasi kegiatan dengan kepanitiaan dan kepengurusan yang dibentuk berdasar tata etika organisasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa dengan persetujuan Dewan Mahasiswa. Kepanitiaan ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa yang secara fungsional dibentuk untuk mensukseskan kegiatan Demikrasi Kampus. Adapun tema dalam pelaksanaan demikrasi kampus ini adalah “Karakter Building sebagai Landasan Kepemimpinan di Era Globalisasi”

B. NAMA  KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “Demokrasi Kampus dalam Proses Reorganisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo Periode 2012-2013”.
Adapun rangkaian kegiatan dalam rangka pesta demokrasi kampus ini adalah :
1. Musyawarah Mahasiswa (MUSMA)
Adalah rapat tahunan tertinggi Lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo yang bertujuan unutk menyusun, mengesahkan dan menetapkan AD/ART Lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo Jawa Tengah di Wonosobo periode 2012-2013 serta Menyusun, mengesahkan dan menetapkan GBHK, tata struktur organisasi dan menetapkan rekomendasi Hasil Musyawarah Mahasiswa.
2. Pemilu Raya
Pemilu Raya adalah serangkaian kegiatan untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiwa yang mengedepankan asas jujur, adil bebas dan rahasia.

C. TEMA KEGIATAN
Adapun tema dari kegiatan pesta demokraasi kampus ini adalah “Karakter Building sebagai Landasan Kepemimpinan di Era Globalisasi”

D. TUJUAN KEGIATAN
1. Tujuan Fungsional
Pesta demokrasi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo ini adalah untuk menentukan arah gerak organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo periode 2012-2013.
Memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo periode 2012-2013 untuk melanjutkan estafet kepengurusan periode sebelumnya.
2. Tujuan Program
Hasil akhir yang ingin diharapkan dari Pesta Demokrasi Kampus UNSIQ  ini adalah :
Meningkatnya kapasitas kepemimpinan mahasiswa sebagai matarantai penerus perjuangan para pendiri bangsa dalam konteks berbangsa dan bernegara.
Meningkatnya kualifikasi kader dalam pemahaman terhadap konsep kepemimpinan, memiliki komitmen kepada Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah bangsa yang tercermin dalam sikap dan perilaku dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Tumbuhnya sikap pemimpin yang konsisten, berakhlak mulia, teguh dalam prinsip, luwes dalam bersikap dalam memperjuangkan dan melestarikan ajaran para pendiri bangsa.
Terbentuknya pribadi pemimpin yang memiliki idealisme, kemandirian dan berjiwa demokratisn serta berorientasi futuristik.
Tersedianya bakal pemimpin ideologis yang handal serta memiliki komitmen dalam mengapresiasi dan memperjuangkan aspirasi serta kepentingan kolektif.

E. WAKTU DAN TEMPAT  PENYELENGGARAAN
A. Musyawarah Mahasiswa
1.
Hari
:
Sabtu
2.
Tanggal
:
29 September 2012
3.
Waktu
:
08.00 WIB s/d selesai
4.
Tempat
:
Aula FITK UNSIQ
5.
Jadwal Kegiatan
:
TERLAMPIR
B. Pemilihan Umum Mahasiswa FITK
1.
Hari
:
Senin
2.
Tanggal
:
8 Oktober 2012
3.
Waktu
:
08.00 WIB s/d selesai
4.
Tempat
:
Kampus FITK UNSIQ
5.
Jadwal Kegiatan
:
TERLAMPIR

F. PENGORGANISASIAN
Kegiatan ini secara teknis dilakukan oleh:
1. Penyelenggara.
Penyelenggara kegiatan ini Badan  Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, yang secara teknis diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa.
2. Panitia Pelaksana
Panitia pelaksana ini keseluruhan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa yang dibentuk berdasarkan mekanisme organisasi.
Adapun susunan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Terlampir.
3. Penanggungjawab
Penanngungjawab dari prosesi kegiatan ini sepenuhnya ditanggung oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo 2011-2012.
Ketua BEM FITK UNSIQ : Sahabat Ahmad Atal Aidi
4. Pelindung
Pelindung dari seluruh prosesi kegiatan ini adalah Wakil Rektor III Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.
Wakil Rektor III : KH. Drs. Mukhotob Hamzah, MM

G. PESERTA
1. Musyawarah Mahasiswa (MUSMA)
  1. Rektorat 2 orang
  2. Dekan Fakultas 7 orang
  3. Pengurus BEM UNSIQ 4 0rang
  4. Pengurus BEM Fakultas 7 x 2 : 14 orang
  5. Perwakilan dari setiap kelas di FITK UNSIQ : 4 x 20 : 80
  6. Pengurus BEM Demisioner 21 orang
  7. Anggota KPUM 10 orang

Jumlah keseluruhan peserta Musyawarah Mahasiswa adalah 138 mahasiswa
2. Pemilu Mahasiswa
Pemilu mahasiswa diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.

H. PENGANGGARAN
Biaya Penyelenggaraan kegiatan ini secara keseluruhan diikhtiyarkan dari dana kemahasiswaan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.
Adapun Rencana Anggaran Belanja sebagaimana Terlampir.

I. PENUTUP
Sebuah peradaban besar terbangun karena dilandasi oleh pengetahuan yang memadai sehingga mampu menciptakan tatanan masyarakat yang madani. Heroik intelektual menjadi kunci yang penting dalam mewujudkan cita-cita besar dalam membangun sebuah peradaban. Demikian perihal ini kami ajukan atas kerjasamanya disampaikan terima kasih.
Semoga Allah SWT senantiasa mengiringi usaha dan niatan kita. Amin.
Wallahul Muwaffieq Ila Aqwamith Tharieq.

Panitia Pelaksana
Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
2012



Nurul Alfan
Ketua
Titi Suwarni
Sekretaris
Mengetahui





Ahmad Atal Aidi
Ketua BEM FITK
Choirul Amin
Presiden BEM UNSIQ
Drs. H. Arifin Shiddiq, M.Pd,I
Dekan FITK UNSIQ




RANCANGAN ANGGARAN BELANJA (RAB)
PESTA DEMOKRASI KAMPUS
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO
PERIODE 2012-2013

NO
URAIAN
VOL
SAT
HARGA (RP)
TOTAL (RP)
MUSYAWARAH MAHASISWA (MUSMA)
KESEKRETARIATAN
1
Kertas HVS A4 70 gr
1
Rim
45.000
45.000
2
Plano
5
Lembar
700
3.500
3
Spidol
2
Buah
7.000
14.000
4
Amplop
1
Pak
13.000
13.000
5
Stepler
2
Buah
10.000
20.000
6
Isi Stepler
3
Pcs
1.000
3.000
7
Penggandaan Draft
1
Paket
352.000
352.000




Sub Total 1.1.
452.500
PERLENGKAPAN
1
Backdrop
3x2
Meter
35.000
210.000
2
Dokumentasi
1
Paket
50.000
200.000
Sub Total 1.2.
410.000
KONSUMSI
1
Snack Kecil
2x138
Bks
3.500
966.000
2
Snack Besar
2x138
Bks
6.000
1.656.000
3
Konsumsi Rapat
5x10
Bks
5.000
250.000
Sub Total 1.3.
2.872.000
Jumlah Sub Total A (1.1. + 1.2. + 1.3.)
3.324.500
PEMILU MAHASISWA
KESEKRETARIATAN dan PERLENGKAPAN
1
Kartu Suara
1.000
Lembar
500
500.000
2
Kertas Plano
10
Lembar
700
7.000
3
Tinta Stempel
2
Botol
2.500
5.000
4
Bantalan Stempel
1
Buah
5.000
5.000
5
Spidol
3
Buah
7.000
21.000
6
Lakban
2
Buah
8.000
16.000
Sub Total 2.1.
544.000
KONSUMSI DAN KOMUNIKASI PANITIA
1
Snack Panitia
2x10
Bks
3.500
70.000
2
Konsumsi Panitia
2x10
Bks
6.000
124.000
3
Komunikasi Panitia
10
Paket
11.000
111.000
Sub Total 2.3.
305.000
Jumlah Sub Total B (2.1. + 2.2.)
849.000
Jumlah Sub Total A + Sub Total B
4.173.500
Jumlah Total
4.173.500
Pembulatan
4.200.000
Terbilang : Empat Juta Dua Ratus Ribu Rupiah



KOMISI PEMILIHAN UMUM MAHASISWA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
PERIODE 2012-2013

SUSUNAN PANITIA MUSYAWARAH MAHASISWA
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2012-2013

Penanggung Jawab         : Ahmad Atal Aidi (Ketua BEM FITK)
Ketua                                    : Nurul Alfan
Sekertaris                            : TitiSuwarni
Bendahara                          : Nanik Indawati

Sie Acara                              : Alfan Nurngain
                                                  Lina Widi Astuti
  Novia Rahayuning Saputri

Sie Humas                           : Ryan Prihastoro
                                                  Ahmad Najib
                                                  Miftahudin

Sie Kesekretariatan         : Ratna Sundari
                                                  Saiful Rijal
                                                  Iis Apriyanti
                                                  Diah Fatmawati

Sie Perlengkapan             : Arif Yulianto
                                                  Khoirul Umam
                                                  Imammudin
                                                  Kahmid Anwar

Sie Dokumentasi              : Farik Nafis
                                                  Steafan P.A
                                                  Yuanita









SUSUNAN PANITIA MUSYAWARAH MAHASISWA
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2012-2013

Ketua                    : Ahmad Najib
Wakil                     : Iwan
Sekretaris            : Saiful Rijal
Anggota               : Ryan Prihastoro
                                 Lina Widi A
  Diah Fatmawati
  Imammuddin
  Stevan P.A
  Kurnia Wulandari
  Farik Nafis


  

JADWAL RANGKAIAN KEGIATAN
PESTA DEMOKRASI KAMPUS
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2012

NO
HARI/TGL
KEGIATAN
Waktu
TEMPAT
KET
1
Kamis, 27 Sept 2012
MUSMA
O8.00-16.00 Wib
Gedung Seminar
Terlaksana
2
Jum’at-Sabtu, 28-29 Sep 2012
Pendaftaran calon dengan membawa draft partai pengusung
09.00-15.00 Wib
BEM FITK?BEM UNSIQ

3
Minggu, 30 Sept 2012
Pengumuman verifikasi partai
13.00. Wib
BEM FITK?BEM UNSIQ

4
Senin-Rabu, 1-3 Okt 2012
Kmpanye terbuka

Bebas

5
Kamis, Jumat 4-5 Okt 2012
Hari tenang



6
Sabtu,  6 Okt 2012
Debat Kandidat
08.00-12.00
Wib
FITK UNSIQ
Sesuai Tema
7
Minggu, 7 Okt 2012
Hari tenang
-
-
-

Senin, 8 Okt 2012
Pemlihan Calon Ketua dan Wakil BEM FITK Periode 2012-2013
08.00-13.00 Wib
Fitk UNSIQ