Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Isi Kandungan QS. At-Taubah ayat 122


Mari Memahami Pesan-Pesan Mulia dalam QS. At-Taubah (9) Ayat 122

QS. At-Taubah (9) Ayat 122 mengandung pesan-pesan yang mulia, yaitu:
1.    Bagaimana seharusnya tugas-tugas dibagi sehingga tidak semua mengerjakan satu jenis pekerjaan saja.
2.    Pentingnya memperdalam ilmu dan menyebarluaskannya.
3.    Jihad itu tidak hanya difahami dengan mengangkat senjata, tetapi memperdalam ilmu pengetahuan dan menyebarluaskannya juga termasuk kedalam jihad.

Hadits tentang Mencari Ilmu dan Keutamaanya
Hadits dari Ibnu Abd. Barr
Artinya: “ Rasulullah SAW, Bersabda: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap   muslim. Dan sesungguhnya segala sesuatu hingga makhluk hidup di lautan memintakan ampun bagi penuntut ilmu.” (HR. Ibnu Abdul Barr)

Kewajiban Menuntut Ilmu
Menuntut ilmu atau belajar adalah kewajiban setiap orang Islam. Banyak sekali ayat al-Qur ’ān atau hadis Rasulullah saw. yang menjelaskan tentang kewajiban belajar, baik kewajiban tersebut ditujukan kepada laki-lakii maupun perempuan. Kewajiban menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan menandakan bahwa agama Islam tidak membeda-bedakan hak dan kewajiban manusia karena jenis kelaminnya.


Hukum Menuntut Ilmu
Adapun ilmu yang bermanfaat, maka wajib dituntut dan dipelajari.Hukum menuntut ilmu wajib itu terbagi atas dua bagian, yaitu faru kifayah dan fardlu ‘ain.

Pertama, Fardhu Kifayah
Hukum menuntut ilmu fardlu kifayah berlaku untuk ilmu-ilmu yang harus ada di kalangan umat Islam sebagaimanajuga dimiliki dan dikuasai golongan kafir, seperti   ilmu kedokteran, perindustrian, ilmu falaq, ilmu eksakta, serta ilmu-ilmu lainnya.

Kedua, Fardhu ‘Ain
Hukum mencari ilmu menjadi faru ‘ain jika ilmu itu tidak boleh di  tinggalkan oleh setiap muslim dan muslimah dalam segala situasi dan kondisi, seperti ilmu mengenal Allah Swt. dengan segala sifat-Nya dan sebagainya.

Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu
Orang-orang  yang  menuntut  ilmu  dan  mengajarkannya  diberikan keutamaan oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya dengan derajat yang   tinggi di sisi Allah Swt. Di antara keutamaan-keutamaan orang yang menuntut ilmu dan yang mengajarkannya adalah:
a)   Diberikan derajat yang   tinggi di sisi Allah Swt.
b)  Diberikan pahala yang besar di hari kiamat nanti
c)   Merupakan sedekah yangg paling utama
d)  Lebih utama dari pada seorang ahli ibadah
e)   Lebih utama dari śalat seribu raka’at
f)    Diberikan pahala seperti  pahala orang yang sedang berjihad di jalan Allah.


Post a Comment for "Isi Kandungan QS. At-Taubah ayat 122"